Apa Itu Penyakit Gastritis

Apa itu penyakit gastritisApa Itu Penyakit Gastritis - Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai pengertian penyakit gastritis, dan kali ini kita akan kembali mengenal lebih jauh tentang penyakit gastritis.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan tidak menutup ke mungkinan bagi anak-anak.

Bagi penderita penyakit gastritis memiliki gejala-gejala antara lain mengalami sesak nafas, diare, perut kembung, nyeri lambung, mual dan selalu sendawa, kondisi seperti ini membuat kita tidak nyaman dan merepotkan. Gastritis bisa terjadi karena beberapa penyebab.

Penyebab Utama Timbulnya Penyakit Gastritis

1. jadwal makan yang tidak teratur membuat kondisi lambung susah beradaptasi, dan dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih yang berakibat iritasi dinding mukosa lambung.

2. Stres atau depresi yang dapat mempengaruhi kondisi hormonal dan berakibat pada kondisi dinding lambung yang semakin terluka.

3. Mengkonsumsi minuman seperti kopi atau teh yang berlebihan, makanan pedas, asam dan beberapa makanan yang mengandung gas seperti buncis, kol dan lainya.

4. Makanan yang bertekstur keras atau makanan yang di konsumsi dalam keadaan panas.

Berikut Tips Untuk Menghindari Nyeri Gastritis

1. Banyak minum air putih, sekitar 2500cc/hari atau setara dengan 9-10 gelas setiap hari.

2. Mengatur jadwal pola makanan dengan porsi kecil.

3. Mengurangi makanan berminyak dan berlemak.

4. Jika Anda seorang perokok, berhentilah merokok karena telah kita ketahui bahwa rokok banyak mengandung zat-zat yang merugikan bagi tubuh kita.

5. Jika Anda biasa minum minuman beralkohol, berhentilah mengkonsumsi minuman tersebut karena banyak dampak yang di timbulkan oleh minuman beralkohol tersebut.

6. Lakukan olah raga teratur.

7. Kontrol stres.

8. Jangan lupa istirahat yang cukup.

Makanan Yang Aman Untuk Penderita Gastritis

1. Menghindari makanan atau minuman yang banyak mengandung asam dan serat seperti minuman bersoda, nangka, pisang ambon, kedondong, sawi dan kol.

2. Menghindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti anggur putih, alkohol dan kopi.

3. Menghindari bahan makanan yang merusak asam lambung seperti cuka, makanan pedas, merica.

4. Menghindari makanan yang sulit untuk di cerna sehingga memperlambat pengosongan lambung, misalnya coklat, keju, kue tart, gorengan dan makanan yang mengandung santan yang berlebih.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



THE LANGUAGE YOU USE

Copyright © infokesehattan.blogspot.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape