7 Tips Menyembuhkan Luka Setelah Sunat

7 Tips Menyembuhkan Luka Setelah Sunat7 Tips Menyembuhkan Luka Setelah Sunat - Saat liburan sekolah datang, selain di manfaatkan untuk bepergian ada sebagian anak-anak yang menjalankan ritual khitanan.

Mereka memanfaatkan liburan panjang sekolah agar nanti saat kembali ke sekolah anak-anak sudah dalam keadaan selesai di khitan dan sudah sembuh total (semoga).

Sebenarnya ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat bahwa setelah di khitan anak-anak harus makan tempe dan tahu saja. Keyakinan tersebut berlangsung lama hingga anak saya yang pertama menjalankan khitannya.

Ternyata setelah saya tanyakan ke dokter ahli, pernyataan tersebut adalah salah dan mengatakan bahwa "Anak-anak yang di khitan tidak ada pantangan makanan apapun, selama makanan tersebut bergizi dan banyak mengandung protein adalah bagus untuk proses penyembuhan luka khitan."

Anak-anak selesai di khitan sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung protein, baik protein hewani maupun protein nabati. Sumber protein hewani antara lain, susu, telor, daging, ikan segar dan lain-lain sementara sumber protein nabati adalah Tahu, tempe, bayam, gandum, brokoli, kacang-kacangan, kedelai dan masih banyak lagi yang lain.

Berikut Ini 7 Tips Menyembuhkan Luka Setelah Sunat

1. Jagalah Kelamin Dari Segala Sentuhan

Mengingat kondisi kelamin masih luka sebaiknya gunakan penutup kain yang lebar, seperti sarung atau jenis kain lain. Tips mudah untuk melindungi kelamin setelah di sunat adalah "Gunakan botol bekas air mineral dan potong ujungnya, hingga membuat lubang kanan dan kiri, setelah itu masukkan kemaluan pada salah satu lubang botol lalu bagian yang menempel pada badan hendaknya di lekatkan pakai solasi atau perekat lain yang aman, yang penting kondisi botol kuat, sehingga dapat melindungi kemaluan dari segala gesekan."

2. Agar Di Ketahui Bahwa " Bengkak Pada Kelamin Setelah Sunat Adalah Wajar."

Jangan khawatir dengan adanya bengkak kelamin setelah di sunat, karena itu adalah hal yang normal dan sewajarnya. Biasanya dokter akan memberikan obat penyembuhan setelah khitan, lebih baik konsumsi obat tersebut sampai habis seperti petunjuk dokter, agar luka cepat sembuh. Dan bengkak tersebut biasanya karena suntikan obat yang di berikan dan itu akan hilang dengan sendirinya, biasanya sekitar 1-2 minggu.

3. Atur Pola Makan

Menurut dokter tidak ada pantangan makanan yang di konsumsi oleh anak-anak yang baru menjalankan khitanan. Permasalahannya ada pada pola makan, yaitu biasakan pola makan yang sehat dan pilih konsumsi makanan yang banyak mengandung protein untuk membantu proses penyembuhan.

4. Tidak Perlu Berlebihan

Dalam proses penyembuhan setelah sunat tidak perlu mengambil sikap yang berlebihan dan menggunakan obat yang terlalu banyak, cukup yang di berikan oleh dokter saja setelah itu bersabarlah, InsyaAllah cepat sembuh.

5. Jangan Terlalu Aktif Bergerak

Untuk menghindari bengkak, lebih baik jangan terlalu banyak bergerak, atau jika memang di butuhkan bergerak seperti buang air kecil atau hendak berjalan ke suatu tempat, lakukan dengan hati-hati dan perlahan saja agar tidak terdapat benturan penis dengan daerah sekitar penis.

6. Kontrol Dan Lebih Baik Tidak Di Perban

Sesuai dengan saran dokter, kelamin yang di khitan lebih baik tidak di perban. Karena akan mendapatkan udara lebih banyak dan luka lebih cepat kering.

7. Bersihkan Daerah Sekitar Kelamin

Biasanya kelamin setelah di khitan banyak darah kering atau kotoran lain yang menempel di sekitar daerah kelamin. Bersihkanlah dengan hati-hati, jangan sampai tersentuh kelamin, gunakan kain halus dan sedikit air untuk membersihkannya.

Itulah beberapa tips menyembuhkan luka setelah sunat. Sebenarnya, selama tidak ada kesalahan medis dalam proses sunat, kelamin aman-aman saja dan pasti cepat sembuh.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


THE LANGUAGE YOU USE

Copyright © infokesehattan.blogspot.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape