Makanan Sehat Penurun Kolesterol Dan Darah Tinggi Secara Cepat

Makanan sehat penurun kolesterol dan anti darah tinggiMakanan Sehat Penurun Kolesterol Dan Darah Tinggi Secara Cepat - Kolesterol dan darah tinggi bisa selalu berhubungan dan ini tentu saja sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Tidak selamanya kolesterol itu buruk bagi tubuh kita, kolesterol adalah senyawa kompleks yang di hasilkan oleh hati dan juga bisa di dapatkan dari luar tubuh melalui makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Sebenarnya kebutuhan kolesterol untuk tubuh sudah cukup yang hanya di produksi oleh hati saja, namun kadang kita kelebihan kolesterol karena gaya hidup yang salah, sehingga terjadi penumpukan kolesterol yang tidak berguna dan bahkan membahayakan.

Kolesterol biasanya terdapat di beberapa organ vital kita seperti Otak, Syaraf, Otot, Kulit, Usus, Ginjal, Dinding sel dan beberapa organ lain, kolesterol yang bermanfaat bagi tubuh kita antara lain untuk:

1. Meningkatkan proses metabolisme tubuh.

2. Membantu meningkatkan proses pembentukan hormon.

3. Meningkatkan proses penyerapan makanan yang kita konsumsi.

4. Meningkatkan dan menguatkan membran sel.

5. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan agar proses pencernaan dapat berjalan dengan lancar.

6. Membantu proses terbentuknya vitamin - D

7. Meningkatkan sistem Imunitas atau kekebalan tubuh.

8. Mengurangi resiko Aterosklerosis adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah.

9. Meningkatkan kesehatan otak dan organ vital lain.

Namun jika kolesterol yang ada di dalam tubuh kita berlebih, maka ini yang di namakan "Berbahaya", kenapa,,,? karena akan ada banyak faktor kesehatan yang di rugikan pada tubuh kita.

Jadi, kolesterol atau lipid itu ada dua macam yaitu kolesterol yang baik (HDL) dan kolesterol yang buruk bagi kesehatan kita (LDL).

* Kolesterol HDL ( High Density Lipoprotein): Kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita serta mencegah atau mengurangi kolesterol yang mengendap di dalam tubuh dan beberapa manfaat lain yang di sebutkan di atas.
* Kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein ): Kolesterol yang buruk dan dapat merugikan kesehatan tubuh kita secara ringan bahkan kematian.

Pada umumnya kolesterol yang tinggi memang menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi namun pada beberapa kasus tidak terjadi seperti itu, bisa jadi kolesterol tinggi namun tekanan darah normal atau bahkan rendah karena di mungkinkan adanya tekanan darah yang tidak normal.

Jika tekanan darah sudah tidak normal lagi sebaiknya periksakan ke dokter atau setidaknya mengganti pola hidup yang di lakukan selama ini menjadi lebih sehat yang berkelanjutan, beberapa hal yang dapat menyebabkan perubahan terhadap tekanan darah antara lain:

1. Kurang Olahraga atau jarang keluar keringat.

2. Kurang istirahat.

3. Terlalu sibuk dengan aktifitas harian.

4. Jantung tidak sehat atau munculya masalah jantung.

5. Dll

Kalau sudah demikian sebaiknya di konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat karena jika tidak di tangani sedini mungkin di kawatirkan akan menjadi masalah yang lebih serius.

Makanan, Buah Dan Minuman Sehat Penurun Kolesterol Tinggi

Jika sudah terlanjur kadar kolesterol LDL kita tinggi lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menstabilkan atau menurunkan kadar kolesterol tersebut,,,?

Sebelum pergi ke dokter ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat kolesterol Anda turun dan tekanan darah kembali normal, yaitu mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman sehat yang sangat di rekomendasikan dokter.

Siapa tahu tanpa harus pergi ke dokter ternyata kolesterol jahat Anda luntur dan tekanan darah kembali normal.

Beberapa Makanan dan Sayur sehat penurun Kolesterol Tinggi antara lain:


1. Beras Merah.

2. Bawang Putih.

3. Gandum.

4. Kacang-kacangan.

5. Buncis.

6. Bayam.

7. Biji Bunga matahari.

8. Ikan salmon.

9. Coklat.

10. Brokoli hijau.

11. Seledri.

12. Kayu manis.

13. Biji Ketumbar.

14. Oatmeal.

Beberapa Buah Hebat yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi antara lain:


1. Air Lemon dan jeruk lain.

2. Tomat.

3. Mangga.

4. Jambu biji.

5. Buah Anggur.

6. Buah Alpukat.

7. Buah segala macam Apel

8. Buah golongan berry (Blueberry, Strowberry, Bleckberry, Cranberry, Raspberry, Mulberry dll)

9. Pisang.

10. Kurma.

11. Delima.

12. Buah lain yang kaya serat.

Kacang-kacangan dan Minuman Penurun Kolesterol Tinggi antara lain:


1. Kacang Kedelai

2. Kacang Kenari.

3. Kacang Almond.

4. Kacang Walnut.

5. Kacang Mete.

6. Kacang Hazelnuts.

7. Jahe.

8. Teh hijau.

9. Minyak Zaitun.

Setidaknya itulah beberapa makanan dan minuman sehat yang dapat menstabilkan atau menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh kita, jika kita mengkonsumsinya rutin setiap hari maka tidak menutup kemungkinan kita tidak akan jadi pergi ke dokter karena tekanan darah kita sudah normal kembali dan kolesterol jahat juga jauh berkurang.

Kalau terpaksa harus ke dokter tidak menjadi masalah mungkin hanya beberapa saat saja masalah tekanan darah dan kolesterol teratasi, namun yang paling menentukan terhadap keberhasilan Anda dalam memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah merubah pola hidup, jadi, rubahlah pola hidup Anda menjadi pola hidup sehat,,,!!!

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman sehat di atas, akan lebih sempurna lagi jika kita minum air putih yang cukup, olah raga dan istirahat teratur serta meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman keras dan lainnya. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih

THE LANGUAGE YOU USE

Copyright © infokesehattan.blogspot.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape